Bagaimana Cara Menunda Kehamilan Setelah Menikah ?

Bagaimana cara menunda kehamilan setelah menikah ? Untuk beberapa pasangan , mungkin pertanyaan ini sering diajukan . Tentunya , ada banyak alasan mereka memilih untuk menunda kehamilan , mulai dari mengejar karier terlebih dahulu hingga belum siap menanggung resiko jika sudah mempunyai anak . Namun apapun alasannya , berbagai usaha akhirnya harus ditempuh untuk mengatasi hal tersebut . Nah , jika anda termasuk salah satunya , berikut ini beberapa tips cara menunda kehamilan setelah menikah yang bisa anda coba .

Bagaimana Cara Menunda Kehamilan Setelah Menikah

Menggunakan Alat Kontrasepsi Atau Jamu

Langkah pertama yang paling praktis dan mudah dilakukan untuk mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi . Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang ditawarkan dunia medis , mulai dari IUD hingga spiral . Setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing . Alat ini memberikan peluang besar bagi wanita untuk tidak hamil . Namun , karena pemasangan-nya dilakukan oleh manusia , terkadang fungsinya menjadi tidak maksimal terjadi kesalahan pemasangan . Dengan kata lain , meskipun sudah menggunakan alat kontrasepsi , seseorang masih tetap saja bisa hamil . Belum lagi beberapa alat kontrasepsi menimbulkan efek pada tubuh penggunanya . Itulah mengapa , banyak wanita yang begitu tidak menyenangi cara ini .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Kandungan

Nah , jika anda tidak menyenangi cara tersebut , bisa menggunakan cara lain , yaitu menggunakan jamu peluntur . Namun yang perlu diketahui dalam hal ini , meskipun jamu tersebut terbuat dari bahan-bahan alami , ada beberapa jamu yang justru dapat menimbulkan efek samping bagi organ wanita . Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan cara ini .

Cara Alami Mencegah Kehamilan

Dua cara diatas mungkin cukup riskan untuk dilakukan , ada cara lebih aman yang bisa anda lakukan , yaitu dengan menggunakan cara alami . Nah , berikut cara aman menunda kehamilan setelah menikah .

  1. Tidak Berhubungan Intim Pada Masa Subur : Masa subur seorang wanita dapat dihitung berdasarkan jadwal menstruasi , biasanya satu minggu sebelum dan sesudah menstruasi . Cara lain untuk mengetahui masa subur adalah dengan cek lendir serviks . Caranya , masukan jari kedalam alat kelamin wanita , kemudian lihat lendir yang menempel . Jika lendir berwarna bening dan encer , artinya anda belum masuk masa subur . Namun jika lendir tersebut berwarna pekat dan kental seperti susu , artinya anda sudah masa subur . Nah , apabila anda sedang dalam masa subur , hindari untuk berhubungan intim .
  2. Ejakulasi Diluar : Kehamilan bisa terjadi jika ada pertemuan antara sel telur dan sperma . Nah , agar tidak jadi pertemuan tersebut , anda harus mengusahakan agar ejakulasi pasangan terjadi di luar . Tentu saja , dalam hal ini , anda harus benar-benar bisa memperkirakan kapan cairan sperma akan keluar sehingga tidak terlanjur keluar didalam vagina .
  3. Menggunakan Kondom :  Cara alami selanjutnya agar tidak hamil meskipun sering berhubungan intim , gunakan kondom . Sarung bagi alat kelamin pria ini memang cukup efektif untuk mencegah agar sperma tertampung dan tidak bertemu dengan sel telur . Hanya saja , biasanya banyak pasangan yang tidak merasakan kepuasan jika menggunakan alat ini .
  4. Gunakan Posisi Yang Tepat Saat Berhubungan Intim : Posisi berhubungan intim sangat mempengaruhi mudah tidaknya sel sperma bertemu dengan sel telur . Jika anda ingin menunda kehamilan , maka lakukan hubungan intim dengan posisi tertentu yang membuat sel sperma tidak bisa bertemu dengan sel telur .

 

Updated: Februari 12, 2018 — 1:22 pm
Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Cepat Ampuh Dan Selamat © 2018 Cara Kandungan Cepat