Cara Mencegah Kehamilan Tanpa Efek Samping Dan Paling Efektif Untuk Dilakukan

Cara mencegah kehamilan yang efektif ternyata bisa anda lakukan tanpa adanya efek samping yang berbahaya . Sebenarnya cara yang paling penting dalam mempertimbangkan pilihan anda tersebut adalah dengan berkonsultasi kepada dokter . Melakukan konsultasi dengan dokter selain dapat memberikan saran bagaimana agar cepat hamil setelah ikut kb untuk anda yang sangat menginginkannya , Anda juga bisa mengetahui setiap bentuk kontrasepsi yang di paparkan oleh dokter serta bentuk kontrasepsi apa saja yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh anda .

Cara mencegah kehamilan yang efektif

Baca Juga : Cara Menggugurkan Kandungan

Beberapa faktor misalnya saja riwayat kanker payudara , kebiasaan merokok , hingga darah tinggi haruslah dipertimbangkan dengan baik dalam membuat pilihan untuk melakukan pencegahan kehamilan . Sebelum anda bertemu dan berkonsultasi dengan dokter , maka simaklah paparan dibawah ini mengenai berbagai metode dalam mencegah kehamilan tanpa efek samping dan paling efektif yang bisa anda lakukan .

  1. Sterilisasi Permanen : Untuk wanita , sterilisasi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara . Mulai dari pemotongan , penyegelan yang berguna dalam menutup tuba fallopi , pengikatan , maupun mengangkat rahim . Fungsi dari sterilisasi wanita adalah menghentikan sel telur turun ke rahim , yang merupakan tempat terjadinya pembuahan . Bagi pria , prosedur vasektomi dapat menjaga sperma untuk tidak turun ke penis , dengan begitu produksi air mani di saat terjadinya ejakulasi tidak akan mempunyai jejak sperma sedikitpun didalamnya . Sebenarnya , seberapa efektifkah menggunakan metode ini ? dapat dikatan 100% efektif , dan 0,5 hanya mengalami tingkat kegagalan dalam melakukan metode sterilisasi wanita , serta 0,5 % untuk vasektomi .
  2. KB Implan : KB yang satu ini merupakan batangan fleksibel yang berukuran sebesar korek api yang dimaksud oleh sang dokter ke dalam bawah kulit pada lengan atas . Menggunakan KB implan begitu efektif untuk dilakukan . Tingkat kegagalannya sendiri mencapai 0,5 % . KB implan ini dapat bekerja secara efektif sampai 3-4 tahun .
  3. KB Suntik : Cara mencegah kehamilan sesudah hubungan intim yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan KB suntik . KB suntik merupakan cara mencegah supaya tidak hamil dengan cara membuat lendir serviks mengental dan menebal sebagai rintangan supaya sperma tidak bisa berenang dalam melewati leher rahim hingga membuahi sel telur . KB suntik bisa dikatakan sebagai salah satu metode yang begitu efektif untuk dilakukan . Bagi pasangan monogami untuk jangka waktu yang panjang , maka menggunakan KB suntik leb ih efektif dibandingkan dengan KB oral . Walaupun demikian , hormon suntik kemungkinan menyebabkan timbulnya bercak maupun menstruasi yang tidak teratur jika dibandingkan anda menggunakan koyo hormon , cincin vagina , atau pil KB , terutama pada 3 sampai 6 bulan pertama . Penggunaan suntik hormon dalam jangka panjang ( 2 tahun lebih berturut-turut ) bisa terjadinya penurunan kepadatan tulang sementara .
  4. Intrauterine Device ( IUD ) : IUD merupakan potongan tembaga / plastik yang berbentuk T dan diletakkan didalam rahim oleh sang dokter . IUD merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai pengendali kelahiran terbaik yang ada di pasaran , karena tingkat ke efektivitas-nya hingga 99,9 % dan tingkat kegagalannya 0,2 – 0,8 % . IUD hormon mampu dalam mencegah kehamilan hingga 3-5 tahun ( sebenarnya tergantung merek apa yang digunakan ) . Sementara IUD tembaga dapat mencegah kehamilan hingga 10-12 tahun . IUD tembaga juga bisa digunakan sebagai kontrasepsi darurat ketika perangkat tersebut dimasukkan kedalam waktu 5 hari dari berhubungan intim tanpa menggunakan kondom .

Setelah anda mengetahui beberapa paparan diatas , tentunya bisa dijadikan sebagai langkah maupun cara mencegah kehamilan paling efektif .

Updated: Februari 15, 2018 — 9:25 pm
Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Cepat Ampuh Dan Selamat © 2018 Cara Kandungan Cepat