Cara Menghitung Masa Tidak Subur Pada Wanita Agar Tidak Hamil

Cara menghitung masa tidak subur pada wanita agar tidak hamil sebenarnya sangat mudah . Setiap wanita bisa menerapkan sendiri . Hanya saja , memang dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian . Tidak hanya itu saja , untuk bisa menghitung masa tidak subur secara tepat , siklus menstruasi yang dimiliki haruslah tepat . Dengan kata lain , cara ini hanya efektif jika digunakan untuk wanita yang mempunyai siklus yang sama . Lalu , bagaimana untuk wanita yang tidak mempunyai siklus menstruasi yang tidak tepat ? Tentu dibutuhkan metode tersendiri .

Cara Menentukan Masa Tidak Subur Dengan Tabel Lingkaran

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui masa tidak subur seorang wanita adalah dengan menggunakan tabel lingkaran . Dalam tabel lingkaran ini diisi tanggal dalam satu bulan , kemudian dibagi menjadi tiga bagian , yaitu masa menstruasi ( tidak subur ) , masa subur , dan masa tidak subur diluar menstruasi . Secara umum , masa subur wanita terbagi menjadi dua , yaitu puncak masa subur dan masa subur biasa . Untuk mengetahui puncak masa subur dengan menambahkan 12 hari dari hari-hari pertama menstruasi . Sedangkan , masa subur biasa terjadi 3 hari sebelum dan sesudah puncak masa subur . Untuk lebih jelasnya , berikut ini diberikan contoh cara menghitung masa tidak subur wanita agar tidak hamil .

Misal , hari pertama menstruasi jatuh pada tanggal 8 Maret

Maka , puncak masa subur terjadi pada tanggal ( 8 + 12 ) 20 Maret

Sedangkan masa subur bisa terjadi pada ( 20 – 3 ) 17 Maret hingga ( 20 + 3 ) 23 Maret

Ini artinya , masa tidak subur terjadi pada tanggal 24 hingga menjelang menstruasi pada bulan berikutnya

Dari contoh diatas , ternyata menghitung masa tidak subur wanita agar tidak hamil sebenarnya sangat mudah . Hanya saja Anda harus teliti dan telaten dalam menghitungnya .

 

Baca Juga : Cara Menggugurkan Hamil

Cara Menentukan Masa Tidak Subur Dengan Alat Pendeteksi

Selain dengan menggunakan cara diatas , Anda juga bisa mengetahui masa tidak subur Anda dengan alat pendeteksi . Alat pendeteksi ini bisa anda peroleh di apotek sekitar Anda . Tidak perlu malu atau ragu untuk menanyakan kepada petugas apotek . Mereka pasti akan dengan senang membantu Anda . Berikut ini beberapa alat yang bisa Anda gunakan :

  1. Alat Pendeteksi Masa Subur : Saat ini , sudah tersedia sebuah alat tes masa subur seorang wanita . Masa subur akan terdeteksi dengan bantuan air seni Anda . Seperti alat pendeteksi kehamilan , alat ini juga mempunyai keakuratan hingga 95% . Jadi Anda tidak perlu khawatir alat tersebut memberikan informasi yang tidak tepat . Setelah mengetahui apakah pada saat tes Anda sedang subur atau tidak , Anda bisa memutuskan apakah harus berhubungan hari itu juga atau menundanya hingga masa subur tersebut lewat .
  2. Alat Pendeteksi Manual : Jika Anda tetap merasa sungkan untuk menanyakan atau membeli alat pendeteksi masa subur di apotek , Anda bisa melakukan tes sendiri secara manual . Caranya cukup mudah . Anda tinggal melihat bentuk sekaligus banyaknya lendir yang menempel pada celana yang baru Anda kenakan atau memasukan jari kedalam alat kelamin . Jika lendir yang berbentuk cukup banyak dan mempunyai warna pekat kental seperti susu berarti Anda dalam kondisi subur . Jika hal ini terjadi , tunda terlebih dahulu keinginan untuk melakukan hubungan intim .

Selain mengetahui masa subur dan tidak subur , jika Anda tidak ingin hamil terlebih dahulu , sebaiknya pengetahuan tentang cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim pada masa subur juga perlu diketahui . Sebab , bagaimana pun , berhubungan intim merupakan hasrat alami yang terkadang tidak bisa di bendung . Dengan begitu , beberapa tips untuk menghindari kehamilan meskipun melakukan hubungan intim pada masa subur menjadi sangat penting .

Updated: Desember 6, 2018 — 3:23 pm
Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Cepat Ampuh Dan Selamat © 2018 Cara Kandungan Cepat